120.162 Ekor Tikus Dibasmi

Tampak bupati dan rombongan sebelum melakukan pemusnahan/Ist
Tampak bupati dan rombongan sebelum melakukan pemusnahan/Ist

Hama tikus menyerang sebagian besar tanaman padi milik petani di Kabupaten Lebong. Hal ini membuat hasil panen menurun.


Mengantisipasi hama tikus yang menyerang, Pemerintah Kabupaten Lebong, membasmi hama tikus sawah dengan cara meracun atau membom.

Bupati Lebong, Kopli Ansori mengatakan, ada 120.162 ekor hama tikus hasil buruan masyarakat di Kecamatan Uram Jaya, Amen, Bingin Kuning, Lebong Utara, Lebong Sakti dan Kecamatan Lebong Selatan, dibasmi.

Diketahui, anggaran pengendalian hama yang digelontorkan di Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, sekitar Rp 430 juta. Petani yang berhasil menangkap dihadiahi Rp 3.000 per ekor. Termasuk pajak.

"Ini bukan untuk pemerintah. Ini demi tanaman masyarakat aman terkendali," ungkap Bupati, Senin (17/10) siang di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk musim tanam kedua alias MT2. Menurutnya, tanpa dukungan pemerintah desa dan masyarakat maka peningkatan di bidang pertanian tidak berjalan maksimal.

"Kita bangun kerjasama. Insya Allah masyarakat Lebong bahagia dan sejahtera," pungkasnya.

Pantauan di lapangan, hadir dalam pemusnahan hama tikus tersebut, yakni Kapolres Lebong yang diwakilkan Kasat Bimas Iptu Kuat Santosa, Ketua Komisi III DPRD Lebong, Rama Chandra.

Turut hadir, Pabung Lebong Mayor Inf L. Damanik, Plt Kadis Kominfo SP Lebong, Danial Paripurna, Plt Kadis Pertanian dan Perikanan Lebong, Hedi Parindo, serta tamu undangan lainnya.