Pengelola Jalan Tol Diminta Beri Pelayanan Terbaik bagi Pemudik

Menko PMK Muhadjir Effendy saat Rapat Koordinasi Kesiapan Jalan Tol Menghadapi Mudik 2023, Kamis (13/4)/Ist
Menko PMK Muhadjir Effendy saat Rapat Koordinasi Kesiapan Jalan Tol Menghadapi Mudik 2023, Kamis (13/4)/Ist

Pelayanan terbaik perlu diberikan pengelola jalan tol saat melayani pemudik di masa libur Idulfitri 1444 H. Selain itu, pengelola jalan tol didorong untuk membuat terobosan.


Salah satu terobosan yang bisa dibuat adalah seperti melakukan interkoneksi antar operator jalan tol. Sehingga, pengguna hanya perlu men-tap kartu tolnya di pintu masuk dan saat mau ke luar.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Jalan Tol Menghadapi Mudik 2023, Kamis (13/4).

"Pengelola tol juga harus memberikan info tentang jalur alternatif non-tol di sekitar jalan tol, dan juga membantu kelancaran pada saat masuk maupun ke luar tol bekerja sama dengan aparat terkait dan pemda setempat," ujar Muhadjir dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Tidak hanya itu, operator jalan tol agar dapat memberikan info-info penting dengan jelas pada saat masuk tol maupun di semua rest area mengenai kondisi jalan tol yang akan dilalui pemudik.

Menko PMK juga mengimbau bank penyedia fasilitas top up uang elektronik memperbanyak fasilitas agar tidak terjadi penumpukan di jalan.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mendaftar aplikasi My Pertamina sejak jauh hari supaya saat mengisi bahan bakar tidak terjadi penumpukan dan antrian panjang.