Selama Libur Lebaran, Dua Puskesmas Buka 24 Jam

Foto Puskesmas Muara Aman/Ist
Foto Puskesmas Muara Aman/Ist

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, memastikan 2 dari 13 Puskesmas yang ada di wilayah kerjanya tetap siaga 24 jam selama libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.


Kedua Puskesmas itu, yakni Puskesmas  Muara Aman, dan Puskesmas Tes. Sedangkan, sisanya 11 Puskesmas tetap tetap buka dan memberikan pelayanan bagi masyarakat pada saat jam kerja. 

"13 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan tetap buka selama libur lebaran,” kata Kadis Kesehatan Lebong, Rachman pada Senin (17/4).

Khusus di Puskesmas Muara Aman, dan Puskesmas Tes akan tetap membuka layanan 24 jam sepanjang libur lebaran nanti. Mengingat kedua Puskesmas ini menjalankan rawat inap.

"Tetap buka. Yang rawat inap buka 24 jam Tes dan Muara Aman. Kalau yang (Puskesmas) lain piket jam dinas," bebernya.

"Di luar puskesmas rawat inap. Tetap ada pelayanan kesehatan meski libur, jadi semua sudah dijadwalkan mulai dari petugas jaga," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tes, Apriani menambahkan, selama libur lebaran semua mobil puskesmas keliling (Pusling) dan ambulance tetap standby di puskesmas. Untuk pelayanan poli sementara untuk pelayanan perawatan, tetap ada petugas jaga saat jam kerja.

"Iya buka 24 jam. Nanti kita akan berlakukan sistem piket," singkat Yani sapaan akrabnya.