Soal Palestina, Teguh Santosa Dukung Prabowo

Bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara, Teguh Santosa/Ist
Bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara, Teguh Santosa/Ist

Bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara dari Partai Demokrat, Teguh Santosa mengapresiasi pidato Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengenai isu Palestina pada forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024.


Teguh yang juga merupakan dosen hubungan internasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyebut pernyataan Prabowo di forum yang berlangsung di Shangri-La Hotel, Singapura pada Sabtu (1/6) itu cukup tegas.

"Memang ini harus kita suarakan terus, dan jalan keluar dari masalah ini, saya masih sepakat, adalah two states solution. Solusi dua negara harus dihormati oleh Israel," ujar Teguh pada Senin (3/6).

Lewat pernyataan tegas Prabowo, Teguh mengatakan, Indonesia telah dianggap sebagai negara yang berdiri paling depan membela kepentingan rakyat dan kemerdekaan Palestina.

"Jadi ini bukan persoalan agama. (Tapi) ada negara yang tidak menghormati hukum-hukum internasional, yang tidak menghormati nyawa manusia lain," tegas Ketua Umum Jaringan Media Siber (JMSI) itu.

Selama menjadi pembicara di forum IISS Shangri-La Dialogue 2024, Prabowo menyoroti serangan terbaru Israel di Rafah yang menelan banyak korban jiwa.

Prabowo juga menegaskan bahwa Indonesia akan terus berupaya memberikan bantuan ke Gaza, termasuk dalam hal pengiriman pasukan penjaga perdamaian.

"Kami meyakini bahwa bersama dengan banyak negara lain di dunia saat ini, satu-satunya solusi nyata untuk perdamaian dan keamanan yang langgeng bagi Israel dan Palestina adalah solusi dua negara," ucap Prabowo.