Satlantas Polres Lebong Terbitkan SIM D Untuk Penyandang Disabilitas

Tampak salah satu penyandang disabilitasi di Lebong ikuti uji sim D/Ist
Tampak salah satu penyandang disabilitasi di Lebong ikuti uji sim D/Ist

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lebong, melayani permohonan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) jenis D bagi penyandang disabilitas di Kantor Satlantas Polres Lebong, pada Senin (4/12) kemarin.


Kapolres Lebong Polda Bengkulu AKBP Awilzan melalui Kasat Lantas Iptu Arief Abdullah mengatakan, penerbitan SIM D tersebut dilakukan setelah melalui penyandang disabilitas melalui ujian teori dan ujian praktek.

Menurutnya, SIM D merupakan SIM khusus menyandang disabilitas untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas, yang setara dengan golongan SIM C.

"Layanan khusus ini untuk saudara-saudara kita yang menyandang disabilitas bertepatan dengan hari Disabilitas Internasional 2023. Kita memberikan layanan SIM D ini mulai tahap registrasi, ujian teori, sampai ujian praktek," katanya, Selasa (5/13).

Layanan SIM D ini sendiri pada dasarnya hampir sama dengan prosedur pembuatan SIM C. Semua proses pembuatan sampai dengan materi-materi yang diujikan semuanya hampir mirip. Begitu juga dengan hak dan kewajiban yang harus diikuti oleh pengendara disabilitas juga tidak dibeda-bedakan.

"Artinya untuk hak dan kewajiban pengendara disabilitas juga sama. Bagaimana dia mematuhi aturan lalu lintas, jika melanggar juga akan kita tindak sama, termasuk denda dan hukumannya juga sama," tegasnya.

Adapun, sebelum dilaksanakan uji SIM, petugas terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi kepada peserta uji SIM Difabel.

"Semua fasilitas kami sediakan sesuai dengan standar Difabel mulai dari parkir kendaraan khusus, jalur khusus, meja dan kursi khusus, kursi roda khusus dan toilet khusus," terangnya.

Terpisah, salah satu penyandang disabilitas Bayu Sutomo mengatakan, bahwa dia sangat senang dengan adanya layanan SIM D untuk penyandang disabilitas.

"Alhamdulillah kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas adanya pembuatan SIM D ini. Sekarang sudah tidak takut lagi ditilang, mau kemana-mana juga enak," ujarnya Bayu.