Puan Maharani Tanggapi Santai Sinyal Megawati Soekarnoputri Soal Kepemimpinan PDIP

Ketua DPP PDIP Puan Maharani/RMOL
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/RMOL

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, memberikan respons santai terkait pernyataan ibundanya sekaligus Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang dinilai memberi sinyal agar Puan menjadi ketua umum partai selanjutnya. Dalam komentarnya kepada wartawan di Arena Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta, pada Sabtu (25/5), Puan memilih untuk berdoa.


"Berdoa aja, Insya Allah," ujar Puan dengan singkat.

Sebelumnya, dalam pidato politiknya di Rakernas V PDIP pada Jumat (24/5), Megawati Soekarnoputri sempat menyampaikan momen menarik yang diinterpretasikan sebagai isyarat bagi Puan untuk menggantikannya sebagai ketua umum. Megawati, dalam gaya bicaranya yang khas, merayu putrinya yang juga Ketua DPR RI tersebut.

"Ada Mbak Puan. Mbak Puan, saya bilang pada Mbak Puan, sebagai Ketua DPR, wah pergi ke luar negeri terus. Tapi itu kerja lho, bukannya jadi turis," ucap Megawati.

Presiden kelima RI tersebut kemudian melontarkan candaan yang mengarah pada pergantian posisi kepemimpinan di PDIP. Megawati secara bercanda menawarkan pertukaran posisi antara dirinya dan Puan.

"Jadi saya, kalau beliau pamit, kemarin itu ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko. Lalu saya bilang, 'gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum'," kelakar Megawati.

Megawati juga menambahkan dengan nada bercanda bahwa ia merasa tugasnya sebagai ketua umum cukup berat.

"Lho enak-enak saja, masa saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang-ganjing enggak jelas," imbuhnya.

Pernyataan Megawati ini langsung memicu berbagai spekulasi di kalangan politik dan publik, terutama mengenai masa depan kepemimpinan PDIP. Puan Maharani, sebagai figur sentral dalam partai, memang kerap disebut-sebut sebagai penerus potensial bagi Megawati.

Namun, hingga saat ini, Puan memilih untuk bersikap tenang dan menghindari komentar lebih jauh tentang kemungkinan tersebut, hanya berdoa dan berharap yang terbaik untuk masa depan partai.

Dengan berlangsungnya Rakernas V PDIP, dinamika internal partai dan peran Puan Maharani dalam kepemimpinan masa depan PDIP akan terus menjadi sorotan publik dan media.