Presiden Beli Sapi Bernama Semar dan Abimanyu

Sapi jenis Simental yang dibeli Presiden Joko Widodo dari peternak Karanganyar, Jawa Tengah/RMOLJateng
Sapi jenis Simental yang dibeli Presiden Joko Widodo dari peternak Karanganyar, Jawa Tengah/RMOLJateng

Sapi milik Suparno, warga dusun Pandeyan, Karanganyar, Jawa Tengah dibeli Presiden Joko Widodo untuk hewan kurban Iduladha 2024.


Ada dua sapi yang dibeli Kepala Negara, yakni jenis Simental dengan berat masing-masing 835 Kg dan 817 Kg. Bahkan sapi tersebut telah diberi nama Semar dan Abimanyu.

Rencananya, dua ekor sapi tersebut akan diserahkan ke Pondok Pesantren Raudhatul Maarif Boyolali dan Masjid Al Ikhsan, Solo.

Suparno mengatakan, dua sapi miliknya dinyatakan lolos dari seleksi dan tes kesehatan oleh tim Sekretariat Negara (Setneg) dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah.

"Alhamdulillah sudah lolos cek kesehatan dari Tim Sekretariat Presiden dan Dinas Peternakan Jawa Tengah," kata Suparno diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (14/6).

Menurut Suparno, ini sudah kedua kalinya sapi miliknya dibeli orang nomor satu di Indonesia. Pada tahun 2023, sapi jenis Limosin seberat 620 Kg miliknya juga dibeli Presiden Jokowi.

Pihaknya pun rutin memberikan suntikan vitamin, pemeriksaan dari dokter hewan, termasuk menjaga kebersihan kandang untuk menjaga sapi sehat dan bebas dari penyakit dan virus.

"Di samping itu juga menjaga asupan pangan yang diolah sendiri, rutin cek kesehatan, beri vitamin dan jaga kebersihan kandang merupakan hal utama," paparnya.

"Nanti hari Minggu (sapi yang dibeli Presiden Jokowi) siap dikirimkan ke lokasi tujuan," pungkasnya.