Pemdes Garut Ditetapkan Berstatus Desa Maju, Usai Muktahirkan Data IDM 2024

Pj Kades Garut Dafri Almeidy.S.So saat menyampaikan sambutan/Ist
Pj Kades Garut Dafri Almeidy.S.So saat menyampaikan sambutan/Ist

Pemerintah desa (Pemdes) Garut kecamatan Amen menggelar kegiatan pelatihan pemutakhiran data indeks desa membangun (IDM) tahun 2024 yang bebasis SDGs desa, dan pendataan SDGs. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kantor Desa Garut, Jum'at (24/5) pagi.


Dalam acara tersebut, yang dihadiri dan langsung dibuka Camat Amen, Indera Istiawan didampingi Pj Kades Garut Dafri Almeidy.S.Sos, sekcam, kasi ekbang, Babinsa, BPD, pendamping desa, dan seluruh peserta undangan.

Pj Kades Garut Dafri Almeidy.S.So mengatakan, kegiatan itu digelar dalam rangka melaksanakan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 02 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) dan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

"Salah satunya mengatur tentang pendataan Desa, maka diperlukan pemutakhiran data IDM tahun 2024," ujar Pj Kades.

Perlu diketahui bahwa data IDM merupakan salah satu dasar bagi Kementerian Keuangan untuk menetapkan pengalokasian Dana Desa. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa, Alokasi Afirmasi untuk Desa Tertinggal dan Desa sangat Tertinggal dengan jumlah penduduk miskin (JPM) tertinggi sebesar 1% dan Alokasi Kinerja untuk Desa Berkembang, Maju dan Mandiri serta indikator lainnya sebesar 4% dari total Dana Desa.

"Data IDM juga digunakan sebagai acuan perencanaan pembangunan Desa dan Perdesaan bagi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa dan Pemangku Kepentingan lainnya," jelasnya.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak. Terutama narasumber yang telah bekerjasama menyelesaikan pendataan tersebut.

"Setelah seluruh data Desa sudah masuk melalui Aplikasi secara online, mudah-mudahan  kedepannya masyarakat sudah bisa mengaksesnya,” tutup Pj kades.

Sementara itu, Camat Amen, Indera Istiawan menambahkan, IDM adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk mengukur kemandirian suatu desa melalui analisis dan nilai komposit seluruh nilai skoring masing-masing indikator terpilih berdasarkan konsep kebijakan pembangunan yang ditetapkan serta otoritas kewenangan, tugas dan fungsi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). 

Untuk indeks komposit yang dibentuk itu sendiri ada 3 komponen, yakni Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL).

"Data IDM ini juga merupakan salah satu dasar bagi Kementerian Keuangan untuk menetapkan Pengelokasian Dana Desa," tutur Camat.

Pantauan dilapangan, musyawarah penetapan hasil status Desa indeks Desa membangun desa Garut 2024. Dengan hasil Desa Garut berstatus Desa maju.