Peduli Kesehatan Masyarakat, Warga Talang Baru 1 Terima Pengobatan Gratis

Armaja Kartika Kades Talang Baru 1
Armaja Kartika Kades Talang Baru 1

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Lebong, menggelar kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis untuk warga Desa Talang Baru 1, Kecamatan Topos, Kabupaten Lebong.


Menanggapi itu, Penjabat (Pj) Kades Talang Baru 1, Armaja Kartika sangat mengapresiasi kegiatan yang dipusatkan di Talang Donok, Selasa (14/5).

Hal ini guna langkah kolaboratif untuk menjangkau serta memfasilitasi masyarakat desa memperoleh pelayanan kesehatan yang layak dan merata.

"Alhamdulillah pengobatan gratis ini kerjasama yang sangat bermanfaat sebagai bentuk kepedulian terkait kesehatan keluarga di tujuh desa yang ada di Kecamatan Topos, terutama untuk warga Talang Baru 1. Untuk itu, saya mewakili masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya," katanya.

Ia mengungkapkan, hadirnya pengobatan dari tenaga medis tersebut turut membantu pemerintah desa dalam memenuhi kebutuhan kesehatan di masyarakat. Hal ini karena tanggung jawab kesehatan tersebut butuh kerjasama serta dukungan dari lintas sektor.

"Upaya preventif seperti penyuluhan serta sosialisasi yang selama ini dilakukan oleh kader PKK, Posyandu terbantu dengan hadirnya pengobatan dari tenaga medis sebagai tindakan kuratif," ungkapnya.

Pj Kades menambahkan, masyarakat dapat memeriksakan kondisi kesehatannya melalui berbagai layanan yang disediakan dalam posko pengobatan gratis tersebut sebagai langkah awal mendeteksi berbagai resiko penyakit agar dapat ditangani sedini mungkin.

"Masyarakat dapat mengakses pemeriksaan rutin yang biasa dilakukan di layanan kesehatan pada umumnya, baik pemeriksaan tensi darah, gula darah, kolesterol, diabetes, dan ini terbuka untuk semua usia baik anak-anak maupun dewasa. Sehingga kalau ditemukan indikasi penyakit tertentu dapat segera dirujuk untuk penanganan selanjutnya," katanya.