Pasangan Sempurna, Tokoh Senior di BU Siap Totalitas Menangkan Helmi Hasan-Mustarani

Syarius Syarkawi (Atas) dan Bambang Irawan (bawah)/Ist
Syarius Syarkawi (Atas) dan Bambang Irawan (bawah)/Ist

Dukungan untuk pasangan Helmi Hasan-Mustarani agar terus maju dan terpilih pada Pilkada Bengkulu 2024 terus mengalir dari berbagai kalangan elit politik.


Kali ini, dukungan datang dari tokoh senior asal Kabupatan Bengkulu Utara, Syarius Syarkawi, bahwa kolaborasi pasangan Helmi Hasan-Mustarani adalah pasangan yang saling melengkapi, bagaikan botol dan tutup botol.

"Saya mengenal kedua sosok ini saling melengkapi, gabungan antara politisi dan birokrat. Dua orang yang memiliki kelebihan,” tutur Mantan Unsur Pimpinan DPRD Bengkulu Utara seperti dimuat Faktaclick.

Diketahui, Helmi Hasan merupakan sosok intelektual yang diyakini mewarnai suasana kepemimpinan baru di Provinsi Bengkulu dalam menghadapi berbagai tantangan.

Adapun Mustarani dinilai sebagai sosok organisatoris dan birokrat yang ulung dan berpengalaman, serta memiliki kepiawaian yang tidak kalah dengan Helmi Hasan.

Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini berasal dari suku Rejang Kabupaten Bengkulu Utara, atau tepatnya Desa Gunung Selan dan menduduki jabatan selaku Sekda Lebong.

"Penghargaan dan prestasi yang diraih beliau, berbekal pengalaman hingga beliau menduduki jabatan tertinggi dalam komponen ASN tersebut," tambahnya.

Para tokoh yang tidak ingin diketahui identitasnya di Bengkulu Utara mendukung Mustarani nanti akan secara terbuka mengungkap identitasnya ketika mendekati waktu pemungutan suara.

Sebab, Tim Mustarani terus menjaga komunikasi, kordinasi dengan para tokoh terjalin baik di semua level, dari tingkat paling bawah hingga di level nasional.

Namun, masih ada kelompok yang masih belum menentukan pilihan ataupun sudah punya pilihan, tetapi masih bisa berubah. Karena itu, peran tokoh tertentu bisa meyakinkan kelompok pemilih yang masih belum menentukan pilihannya.

"Saya pikir itu adalah upaya strategis untuk bisa menjangkau segmen pemilih lainnya lewat peran tokoh tertentu sebagai penjembatannya, untuk menyolidkan segmen pemilih yang menjadi basisnya dan untuk merebut pemilih lintas segmen,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Bambang Irawan. Menurut Mantan Anggota DPRD Bengkulu Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019 ini bahwa pasangan Helmi Hasan-Mustarani adalah pasangan yang sangat ideal dimana kombinasi dari politisi dan birokrat.

"Saya sangat sependapat atas pasangan Helmi-Mustarani tersebut," singkat Mantan Waka I DPRD Bengkulu Utara.

Informasi lain, perjalanan karier Mustarani dalam birokrasi dimulai dari posisi bawah, termasuk sebagai Lurah Amen dan Camat Lebong Utara, Sekretaris Dinas PMD.

Lalu kepala Plt Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKAD) atau yang kini berubah menjadi Badan Keuangan Daerah atau BKD era Bupati Dalhadi Umar. Termasuk staf ahli.

Kemudian, menjabat sebagai Kadis Pendapatan, Kepala Bappeda Bengkulu Utara, dan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) H.Mustarani Abidin era Bupati Bengkulu Utara, Mian.

Puncaknya ia dilantik sebagai Sekda Lebong di era Bupati Rosjonsyah hingga Bupati, Kopli Ansori. Dengan pengalamannya yang luas, ia dianggap bisa diusung dalam bursa Bacawagub Provinsi Bengkulu.

Teranyar, ia mendapatkan dukungan untuk mendampingi Helmi Hasan untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkulu sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Bengkulu. Dukungan itu mulai dari mantan Gubernur hingga tokoh elit di Kabupaten Lebong maupun Bengkulu Utara.