Lovi Irawan Masih Setia Tunggu Keputusan PAN Soal Bacawabup

Lovi Irawan/Net
Lovi Irawan/Net

Suhu politik di Kabupaten Lebong mulai mencair menjelang perhelatan Pilkada 2024 yang akan digelar November mendatang. Salah satu yang tengah jadi pembicaraan saat ini adalah siapa bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang akan diputuskan Partai Amanat Nasional (PAN).


Bukan tanpa alasan, berdasarkan hasil penjaringan bakal calon bupati (bacabup) dan bacawabup Lebong di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Lebong, terdapat 7  pelamar bacawabup yang memperebutkan rekomendasi partai berlambang matahari itu.

Satu dari 7 pelamar Bacawabup, yakni Ketua Golkar Kabupaten Lebong, Lovi Irawan mengaku, bahwa masih setia menunggu keputusan partai PAN.

"Kita belum bisa berbicara terlalu jauh ya, kita tunggu saja keputusannya," kata Lovi kepada wartawan, kemarin (25/5).

Ia juga belum berani menjawab terkait tiga bacabup PAN, yakni Kopli Ansori, Azhari dan Kusmito. Sebab, tiga nama yang dikantongi PAN itu masih mengikuti proses penjaringan partai.

"Kalau bacabup kan belum diputuskan, karena tahapan masih berjalan," ucapnya.

Ia juga optimis survei yang akan dilakukan partai PAN terhadap 7 Bacawabup Lebong nanti akan berjalan dengan baik. Sehingga, presentase elektabilitas para pelamar bisa diketahui masyarakat.

"Kalau Bacawabup itu kan masih proses. Termasuk saya, kita tunggu saja bagaimana hasilnya nanti," tutup Lovi.

Terpisah, Tokoh Masyarakat di Kelurahan Amen, Maryoni Adinata, mendukung Lovi lulus Bacawabup Kopli Ansori di Pilkada Lebong. Sebab, politisi partai berlambang pohon beringin itu dengan tangan dinginnya mampu dan terbukti memenangkan Partai Golkar dengan urutan kedua dan mengamankan kursi Waka I di DPRD Lebong.

"Dari perolehan tersebut maka kami meyakini siapapun berpasangan dengan Lovi Irawan mampu memenangkan Pilkada Lebong yang akan datang," tukas Maryoni.

Lebih jauh, ia mengaku, pengalaman organisasi Lovi Irawan merupakan sosok mantan aktivis kampus dan aktivis pemuda yang pada masanya.

"Berbekal dari itu semua dan kami tahu jaringan beliau akan sangat membantu dan beliau mampu bekerja sejalan dengan siapapun bupatinya demi Lebong yang lebih baik kedepannya sosok beliau adalah sosok sangat ideal untuk menjadi Wabup Lebong yang akan datang," demikian Maryoni.

Informasi lain, tahapan penjaringan Bacabup dan Bacawabup Lebong yang dibuka oleh DPD PAN Kabupaten Lebong, masih berlangsung.

Namun, estalase politik di Kabupaten Lebong mulai mencair. Salah satunya menebak siapa saja Bacawabup yang akan resmi turun di Pilkada Lebong 2024 mendatang.

Terlebih lagi, saat ini ada 7 Bacawabup yang diprediksi memperebutkan rekomendasi partai berlambang matahari. Diantaranya intcumbent Fahrurozi. Ketua Gerindra Lebong, M Gustiadi alias Edi Tiger, Ketua PSI Lebong sekaligus pengusaha Emas Tradisional, Yesmenti.

Ketua Nasdem Lebong, Dedi Haryanto, Ketua Golkar Lebong Lovi Irawan, ASN Aktif Darmadi Tajir, dan Anggota DPRD Lebong, Royana.

Teranyar, Ketua PSI Kabupaten Lebong, Yesmenti membuat pengakuan mengejutkan kepada awak media. Dimana dirinya hanya akan turun di Pilkada Lebong jika yang mengajaknya adalah Kopli Ansori.