LHKP Muhammadiyah Bengkulu Siap Dukung Kadernya Maju Pilkada

Ketua LHKP PW Muhammadiyah Bengkulu, Darlinsyah (tengah)/Ist
Ketua LHKP PW Muhammadiyah Bengkulu, Darlinsyah (tengah)/Ist

Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, menyatakan kesiapan mengawal seluruh calon Kepala Daerah (Cakada) Potensial yang berlatar kader Muhammadiyah untuk maju dalam konstestasi Pilkada Bengkulu 2024.


Ketua LHKP PW Muhammadiyah Bengkulu, Darlinsyah mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil) pada 3-4 Mei 2024 untuk mengkonsolidasikan langkah tersebut.

Rakerwil ini sendiri akan mengusung tema "Kolaborasi dan partisipasi untuk persyarikatan Bengkulu, dan Demokrasi Indonesia".

"Kita sebentar lagi akan menghadapi perhelatan Pilkada, yang tentunya kita tidak boleh pasif melihat dari luar tapi juga kita harus berpartisipasi aktif," ungkap Darlinsyah, Jum'at 3 Mei 2024.

Lebih jauh dijelaskan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu periode 2018-2023 ini bahwa, melalui rakerwil ini pihaknya mengundang seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dari 10 Kabupaten dan 1 Kota Se Provinsi Bengkulu, untuk Mengusulkan nama kader potensial yang kemudian akan di rekomendasikan baik sebagai Calon Gubernur Wakil Gubernur Bengkulu, Bupati Wakil Bupati, dan Walikota Wakil Walikota Bengkulu.

"Salah satu partisipasi tersebut ialah mendorong kader-kader yang diusulkan PD Muhammadiyah setiap Kabupaten kota dan kita akan mencari strategi apa yang kemudian akan di rekomendasikan," tuturnya.

Kemudian berkaitan dengan Muhammadiyah yang dikenal dengan anti Politik Praktis, Darlinsyah menyebut bahwa langkah ini bukanlah sebagai politik praktis bagi Muhammadiyah, melainkan bentuk partisipasi dari Muhammadiyah dan memastikan Demokrasi berjalan semestinya dengan memberikan rekomendasi.

"Kita tidak berafiliasi dengan partai Politik, tapi kita berpartisipasi dalam kegiatan politik untuk bisa memberikan ruang kepada para kader Potensial Muhammadiyah untuk bisa bertarung," ungkap Darlinsyah.

Turut diungkapkan Darlinsyah, sejauh ini pihaknya pun sudah mengantongi Nama-nama kader Potensial yang akan di rekomendasikan nantinya. Namun nama tersebut akan dibahas terlebih dahulu dalam Rakerwil bersama seluruh PD Muhammadiyab, yang kemudian barulah diusulkan ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah untuk dipilih yang terbaik.

"Nanti Pimpinan akan menentukan siapa-siapa orangnya. Karena jangan sampai nanti dia punya popularitas tapi dari sisi kualitas tidak mumpuni. Dari semua aspek juga kita pertimbangkan," tegasnya.

Tak hanya itu, Darlinsyah turut mengungkapkan dalam Rakerwil ini pihaknya akan turut membahas program-program kedepan untuk perbaikan di internal Muhammadiyah.

Mulai dari Rekomendasi untuk Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) seperti Perguruan Tinggi, Organisasi Otonom dan lainnya yang selama ini masih memiliki beberapa kekurangan.

"Kita juga tidak lupa untuk memberikan masukan-masukan di internal kita , seperti di amal usaha untuk diberikan rekomendasi perbaikan yang mungkin selama ini ada unsur kekurangan," tambahnya.