Kementan Dorong Pemkab Lebong Tingkatkan IP 100 Menuju 300

Foto/Repro
Foto/Repro

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Perbenihan dan perwakilan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu berkunjung ke Kabupaten Lebong, Rabu (22/5) pagi.


Kedatangan rombongan diwakili Ali dan Vivi dari Direktorat Perbenihan Kementerian Pertanian didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Rosmaladewi.

Mereka diterima langsung Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, Jimi Tri Susilo dan Kabid Penyuluhan, Cuncun Almajusi.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, Hedi Parindo melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, Jimi Tri Susilo dan Kabid Penyuluhan, Cuncun Almajusi menyampaikan, pihaknya mendapatkan kunjungan Direktorat Ketahanan Pangan Kementan RI guna mendukung penuh program Bupati Lebong, Kopli Ansori tingkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari 100 menuju IP 300.

"Kita minta petugas kita turun ke lapangan, untuk melaksanakan percepatan penekanan kita. Baru dilakukan pengelolahan lahan dan penanaman," ujar Jimi.

Dia menambahkan, Kementan RI telah mendukung Pemkab Lebong dengan menyalurkan bantuan benih besertifikat.

"Kita juga dikasih peluang untuk penataran benih di desa secara mandiri," cetusnya.

Menurutnya, Kementan yang ada di Provinsi Bengkulu melihat potensi sektor pertanian di Lebong sangat tinggi. Lebih jauh, saat ini pihaknya melakukan pembekalan sebagai persiapan petani setempat untuk melaksanakan MT2 pada tahun 2024 ini.

"Mereka mengapresiasi Pemkab Lebong guna meningkatkan IP di Kabupaten Lebong," tuturnya.