Kemenkominfo RI Gelar Roadshow Offline Gerakan 1000 Startup Digital di Provinsi Bengkulu

Foto/Repro
Foto/Repro

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggelar kegiatan Roadshow Offline Gerakan 1000 Startup Digital di Provinsi Bengkulu.


Kegiatan dengan menggandeng Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu ini dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri yang dihadiri Kadis Kominfotik Provinsi, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi, para Rektor Perguruan tinggi negeri dan swasta, pelaku usaha Startup Digital serta dikuti mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu menyambut baik pendampingan dan pemberdayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui kegiatan Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital di Provinsi Bengkulu ini.

Hal tersebut, kata gubernur, merupakan salah satu upaya bersama dalam memperkenalkan  program Startup Digital di Provinsi Bengkulu.

"Serta dapat menanamkan pola pikir kewirausahaan digital kepada masyarakat terkait potensi dalam mengembangkan inovasi digital sektor agribisnis di Provinsi Bengkulu," kata Gubernur Rohidin yang disampaikan Sekda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, saat membuka secara resmi kegiatan Roadshow tersebut, di Gedung Serba Guna Provinsi Bengkulu, Sabtu (7/10).

Lanjutnya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh yang luas dan fundamental bagi masyarakat, untuk itu, Gubernur Rohidin berharap  kegiatan ini dapat membentuk sinergi antara pemerintah, startup founders, akademisi, mahasiswa dan pelaku usaha Startup Digital di Provinsi Bengkulu.

"Hal ini guna mendukung deklarasi visi "Indonesia Digital Nasional 2025" dengan salah satu target transformasi digital yaitu mencetak 5000 Startup atau usaha rintisan," sebutnya.

Sejalan dengan visi tersebut, Gubernur Rohidin berharap gerakan ini dapat membuka kesempatan bagi calon startup founders di Provinsi Bengkulu untuk terhubung pada ekosistem Startup Digital Indonesia.

"Tentunya ini memberikan pengaruh positif terhadap potensi inovasi dalam pembangunan Starup Digital sektor agribisnis di Provinsi Bengkulu," demikian kata Sekda Insan Fajri, mengakhiri sambutan Gubernur Bengkulu.

Sejalan apa yang disampaikan Gubernur Rohidin, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Oslita Muslimin mengatakan, dengan adanya kegiatan Roadshow Startup Digital ini yang menyasar mahasiswa perguruan tinggi, diharapkan dapat memberikan pendampingan cara membuat Starup Digital ini, bagaimana prosesnya, hingga pada saatnya nanti akan tumbuh startup-starup di Provinsi Bengkulu yang akan membuka peluang besar untuk usaha dan peluang kerja.

"Kita harapkan dengan kegiatan Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital ini akan tumbuh usaha perintis lebih banyak lagi di Provinsi Bengkulu ini," demikian ujar Oslita.

Sebagai informasi, program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan gerakan yang diinisiasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditujukan untuk membangun masyarakat Indonesia yang siap menghadapi dunia digital melalui wirausaha dan keterampilan bekerja dalam perusahaan berbasis digital.

Tahapan Roadshow sendiri merupakan kegiatan seminar umum pengenalan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan pintu gerbang utama dalam mendalami apa itu startup serta cara membangun pola pikir kewirausahaan yang berkelanjutan bagi peserta program ini.