Kapolri Mutasi dan Rotasi Jabatan Strategis, Termasuk Enam Kapolda

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan/Net
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan/Net

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.


Mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram dengan nomor ST/2360/X/KEP./2023 yang berisi 55 personel dimutasi dan rotasi jabatan.

Dari puluhan pati dan pamen Polri yang dimutasi dan dirotasi, diantaranya jabatan Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) yang sebelumnya dijabat Komjen Anang Revandoko digantikan Irjen Imam Widodo.

Selain dari satuan tugas, Listyo Sigit juga memutasi 6 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Pertama Kapolda Jawa Timur yang sebelumnya dijabat Irjen Toni Hermanto akan beralih ke Irjen Imam Sugianto, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk pengganti Irjen Imam Sugianto, Sigit menunjuk Irjen Nanang Avianto yang kini menjabat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pengganti Irjen Nanang yakni Irjen Pol Djoko Poerwanto, kini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Irjen Pol Umar Faroq yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dimutasi menjadi Kapolda NTB.

Selanjutnya, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung dari Irjen Yan Sultra ke Irjen Tornagogo Sihombing yang kini mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Terakhir, jabatan Kapolda Banten yang kini dijabat oleh Irjen Rudy Heriyanto akan digantikan oleh Brigjen Abdul Karim.

Terkait mutasi dan rotasi ini, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa hal ini merupakan hal yang biasa di tubuh Polri.

"Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan area," kata Ramadhan, kepada wartawan, Sabtu (14/10).