Jelang Akhir Masa Jabatan, Kepala OPD Mulai Jaga Jarak Dengan Bupati?

Bupati Lebong, Kopli Ansori saat berbincang dengan sejumlah pejabat/Ist
Bupati Lebong, Kopli Ansori saat berbincang dengan sejumlah pejabat/Ist

Bupati Lebong, Kopli Ansori yang akan segera mengakhiri masa jabatannya tampak mulai dijauhi oleh para Kepala OPD di wilayahnya. Buktinya, setiap kegiatan yang dihadiri Bupati Kopli mulai sepi dihadiri pejabat eselon II. Terutama saat acara malam keakraban di salah satu pondok sawah milik pejabat, Selasa (14/5) malam.


Padahal, kegiatan tersebut dimaksudkan Bupati Kopli untuk mengajak jajarannya bersantai, bakar ikan dan makan bersama sembari bersilaturahmi dan berdiskusi.

Tampak, Bupati Kopli yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, Mustarani Abidin, hanya sejumlah Kepala OPD dan Kabag di lingkungan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong. 

Ironinya lagi, beberapa pejabat yang tidak hadir, domisilinya tidak jauh dari lokasi pertemuan.

Ketika di tanya kepada Bupati Kopli, tentang ketidakhadiran OPD dirinya hanya tersenyum sembari melihat Sekda. Seperti memberikan isyarat agar Sekda yang menjawab pertanyaan awak media ini.

Mustarani mengungkapkan, Bupati Kopli sebenarnya tidak memiliki agenda khusus dalam pertemuan tersebut. Namun sangat disayangkan, banyaknya pejabat yang tidak datang ke lokasi pertemuan.

Padahal menurut Mustarani, ketika undangan tentang kegiatan Bupati Kopli tersebut diumumkan dalam group WhatsApp (WA), diketahui hampir seluruh Kepala OPD maupun Plt. Kepala OPD sudah membacanya. ‘’Artinya, Kepala OPD, Plt. Kepala OPD maupun pejabat lainnya, sudah tahu semua,’’ kata Mustarani.

Soal keterkaitan Pilkada Lebong semakin dekat dengan ketidakhadiran para pejabat, Mustarani tidak mau berspekulasi lebih jauh. Hanya saja diakui, hal tersebut sangat disayangkan dan loyalitas para pejabat patut dipertanyakan.

‘’Beberapa pejabat bahkan tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi kita bakar ikan sambil berdiskusi ini, tapi mengapa tidak bisa menyempatkan hadir. Wajar saja kalau loyalitas para pejabat, khususnya Kepala OPD dan Plt. Kepala OPD patut dipertanyakan,’’ tambah Mustarani.

Termasuk, ketika ditanya soal kemungkinan pejabat banyak mempridiksi bawa Bupati Kopli akan maju Pilwakot, Mustarani hanya menjawab singkat. ‘’Kalau soal itu, allahualam,’’ demikian Mustarani.