Jalan Alternatif Muning Agung Menuju Embong Uram Ditutupi Longsor Hingga Batu Raksasa

Tampak batu raksasa dan material longsor saat turun menutupi ruas jalan Muning Agung-Uram Jaya/Ist
Tampak batu raksasa dan material longsor saat turun menutupi ruas jalan Muning Agung-Uram Jaya/Ist

Material longsor yang menutup akses jalan alternatif yang menghubungkan Desa Embong Uram, Kecamatan Uram Jaya menuju Muning Agung Kecamatan Lebong Sakti, pada Sabtu (8/6) sore kemarin.


Tumpukan material longsor sepanjang 35 meter dan ketinggian 5 meter itu masih menutupi badan jalan yang terletak di ruas jalan tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Tantomi  mengatakan, tanah longsor itu baru diketahui pada Minggu (9/6) pagi pukul 07.00 WIB pasca hujan yang mengguyur wilayah Lebong kemarin.

Menurutnya, longsor kali ini lumayan lebar hingga menutupi beberapa bagian jalan dan tidak dapat dilewati lagi. Bahkan, terdapat batu besar yang jatuh dari perbukitan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan dinas terkait guna membersihkan material longsor tersebut, karena tidak bisa kita bersihkan tanpa bantuan alat berat," ujar Tantomi kepada RMOLBengkulu.

Akibat longsor tersebut, jalan lintas Uram Jaya menuju Embong Uram tidak dapat dilwati lagi, baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Menurutnya, akses itu merupakan jalur alternatif bagi sebagian masyarakat dan petani di Kecamatan Uram Jaya menuju Lebong Sakti maupun sebaliknya. Sebab, jarak tempuh tidak memerlukan waktu banyak.

"Saat ini masih menunggu datangnya alat berat untuk membersihkan material longsor itu," pungkasnya.