Ide Sandiaga Uno Soal Model Bisnis Baru Agar Melesat Di Era Covid-19

RMOLBengkulu. Selama beberapa bulan belakangan ini banyak small-medium enterprise (SME) dan startup di Indonesia mengaplikasikan survival mode agar usahanya dapat kembali melesat ketika pandemik virus corona baru (Covid-19) telah berakhir.


RMOLBengkulu. Selama beberapa bulan belakangan ini banyak small-medium enterprise (SME) dan startup di Indonesia mengaplikasikan survival mode agar usahanya dapat kembali melesat ketika pandemik virus corona baru (Covid-19) telah berakhir.

Demikian yang dikatakan Sandiaga Uno dalam acara webinar ‘Membangun Inkubator Bisnis dan Startup Perguruan Tinggi Melalui Kewirausahaan Kreatif Bagi Sivitas Akademika’, Jumat (24/7).

Menurutnya, patut disayangkan model bisnis survival mode tak akan bertahan, sebab tidak seorang pun tahu kapan krisis ini akan berlalu. Bahkan, apa yang kita sebut normal di masa pra-pandemi harus mengalami pendefinisian ulang.

Dengan segala permasalahan yang dibawanya, seluruh krisis akan menciptakan pemenang dan yang kalah. Lantas, apa yang harus dilakukan SME dan startup agar menjadi champion di era New Normal.

Pebisnis harus reinvent pengetahuan bisnis mereka untuk memunculkan model bisnis yang baru,” ujar Sandiaga Uno.

Menurutnya, layaknya pertandingan basket, kalau jalan di kanan akan ditutup maka kita harus pintar pivot ke kiri.

Dia menegaskan, bahwa SME dan startup, mau tidak mau, harus mengedepankan aspek kesehatan dan digitalisasi dalam setiap tahapan bisnis mulai dari pemesanan, pembayaran, produksi, hingga penyediaan barang.

Zaman sekarang data dan tren bisnis bisa kita dapatkan dengan mudah. Kita tinggal mengamati, meniru, dan memodifikasi tren yang ada sehingga kita memiliki model bisnis baru,” tegasnya.

Bisnis yang saat ini dibutuhkan masyarakat, kata Sandi, adalah di bidang kesehatan, teleconferencing, course terbuka, biotech, legal, dan clear energy. Meski mengaku sempat kebingungan menghadapi perubahan perilaku konsumen di awal pandemik, kini Sandi sudah berhasil menyesuaikan model bisnisnya.

Sandi menegaskan, ada empat kekuatan yang bisa digaungkan dalam duia enterprenersip yaitu, pencapaian atau target, stimulasi, arah atau tujuan, dan keamanan bisnisnya.

Bila ini semua bisa digapai maka apapun usahanya pasti akan sangat maju,” tutupnya. dilansir RMOL.ID. [ogi]