Empat Dokter Spesialis PPDS di RSUD Dievaluasi

Administrator Kesehatan Ahli Madya Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenked, dr Nila Mulyani, M.Si(tengah) saat dimintai keterangan/Ist
Administrator Kesehatan Ahli Madya Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenked, dr Nila Mulyani, M.Si(tengah) saat dimintai keterangan/Ist

Tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong, pada Jum'at (7/6) pagi sekitar pukul 13.00 WIB. Kedatangannya dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Pendayaan Dokter Spesialis (PPDS) Kemenkes RI.


Tim berjumlah 4 orang yang dipimpin langsung Adminisrator Kesehatan Ahli Madya, dr Nila Mulyani, M.Si dan tiga anggota, Sifa Fausiah, Litriane Rispa Widhy, dan Junita Manurung.

Kedatangan tim diterima langsung Kadis Kesehatan Lebong, Rachman yang diwakilkan Kabid Yankesfarm Popin Wijaya SKM, Kabag TU Asman beserta jajaran.

Administrator Kesehatan Ahli Madya Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenked, dr Nila Mulyani, M.Si menyampaikan, kedatangan pihaknya dalam rangka pemenuhan tenaga spesialis yang masuk dalam program pendidikan dokter spesialis (PPDS) Kemenkes RI.

"Ini sifatnya temporer. Karena ini pemenuhan antar waktu dan mereka hanya bertugas 12 bulan. Monev ini suatu alat supaya kita tahu apakah program bisa berjalan dengan baik," ujarnya, Jum'at (7/6).

Dia menambahkan, akreditasi tidak terlepas dari jumlah dokter spesialis. Ia meyakini 4 dokter yang masuk ke dalam PPDS sangat membantu pelayanan di rumah sakit setempat.

Keempat itu, dokter spesialis anestesi, dokter penyakit dalam, dokter spesialis anak, dan keempat dokter spesialis obgyn (SpOG).

"Harapan kami memang sesuai yang diamanahkan RPJMN dan UU kesehatan yang baru, bahwa pemerintah daerah memang harus pemenuhan dokter spesialisnya secara mandiri. Namun, dalam rangka pemenuhan pelayanan kita ada PPDS," tuturnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Lebong, Rachman yang diwakilkan Kabid Yankesfarm Popin Wijaya SKM, dan Kabag TU Asman menyambut baik program tersebut.

"Kami mewakili bapak kadis sangat menyambut baik atas kedatangan tim monitoring dari pusat. Karena harapan kami kedepan untuk penambahan dokter spesialis. Karena program ini sangat membantu," jelasnya.

Lebih jauh, ia mengaku, komitmen Bupati Lebong, Kopli Ansori terus memperbaiki pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Lebong.

"Sesuai instruksi bupati, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tukasnya.