Dukungan 2 Periode Terus Mengalir, Kopli Ansori Berpeluang Borong Parpol di Pilkada Lebong?

Kopli Ansori saat diwawancari awak media/RMOLBengkulu
Kopli Ansori saat diwawancari awak media/RMOLBengkulu

Bakal Calon Bupati Lebong, Kopli Ansori berpeluang memborong partai politik (parpol) dalam pertarungan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Menyusul dukungan maju di Pilkada Lebong untuk periode kedua, terus mengalir.


Pasalnya, relawan orang nomor satu di Kabupaten Lebong itu telah mengambil formulir semua partai yang membuka penjaringan calon kepala daerah. Koalisi dengan semua partai politik itu bertujuan untuk memajukan kabupaten Lebong bersama-sama.

"Hal itu tidak membuat kita jumawa, kita tetap mendaftar ke semua partai politik yang membuka pendaftaran, karena untuk membangun Lebong, kita perlu bersama sama, tidak bisa sendiri. Artinya, selagi ada parpol buka penjaringan di Lebong, kami siap antar berkas Kopli Ansori," ungkap salah satu relawan Kopli Ansori, yakni Gustian Armansyah Dkk.

Namun seiring perkembangan iklim politik di Lebong, rekom DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Lebong dan beberapa Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Lebong, semakin mengerucut ke arah Kopli Ansori untuk maju di Pilkada Lebong untuk periode kedua.

Dimana diketahui, dalam proses penjaringan DPD PAN Kabupaten Lebong menjadi pengusung Kopli Ansori pada Pilkada Lebong 2020 lalu, memiliki 3 nama Balon Bupati, yaitu Kopli Ansori, Kusmito dan Azhari.

Sedangkan untuk Balon Wabup ada 7 nama pendaftar, yaitu Yesmenti (Ketua PSI Kabupaten Lebong), Darmadi ASN dan Royana (Politisi PKB sekaligus Anggota DPRD Lebong terpilih dua kali).

Serta, Fahrurrozi (Wabup), M. Gustiadi alias Edi Tiger (Ketua DPC Gerindra Kabupaten Lebong), Dedi Hariyanto, SH (Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Lebong sekaligus Waka I DPRD Lebong) dan Lovi Irawan (Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Lebong).

Kopli Ansori yang merupakan Bupati Lebong sekaligus incumbent untuk Pilkada Lebong nantinya, masih belum mau berkomentar banyak terkait perkembangan politik di Kabupaten Lebong. Terutama saat ditanya soal apakah maju Pilkada Lebong atau Pilwakot Bengkulu.

Dirinya hanya tersenyum dan menyebut, akan menunggu apa yang akan diputuskan partai berlambang matahari terhadap dirinya.

‘’Kan sudah saya sampai, mau Pilwakot atau Pilkada, itu tinggal kepercayaan dan amanah yang akan diberikan partai. Terpenting, saya tetap bisa berbuat untuk rakyat bersama PAN di Provinsi Bengkulu,’’ singkat Kopli.

Disisi lain, pernyataan diatas bisa dibilang beriringan dengan apa yang disampaikan 2 Parpol yang dikonfirmasi media ini, yaitu DPD Partai Golkar Kabupaten Lebong dan DPC Partai Gerindra. 

Kedua Parpol yang dalam Pilpres 2024 lalu berkoalisi bersama PAN memenangkan Prabowo-Gibran sudah memiliki 3 Balon Bupati dan menyiapkan Balon Wabup dari kader partai masing-masing.

DPD Partai Golkar menyebut, 3 nama Balon Bupati mereka sedang dalam proses survei, yaitu Kopli Ansori, Azhari dan Romio. Sedang untuk Balon Wabup, mereka siapkan dari kader Partai Golkar.

‘’Untuk Balon Bupati, kita sedang dalam proses survei untuk nantinya direkomendasikan ke pusat. Sedangkan untuk Balon Wabup, kita akan ajukan dari kader Partai Golkar,’’ sebut Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Lebong, Lovi Irawan.

Hampir senada, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Lebong, M. Gustiadi alias Edi Tiger, mereka sudah menerima hasil pendaftaran penjaring dari tim seleksi. Diketahui, ada 3 nama yang mendaftar sebagai Balon Bupati, masing-masing Azhari, Romio dan Kopli Ansori.

Sedangkan untuk Balon Wabup, sambung Edi Tiger, yaitu dirinya sendiri selaku kader Partai Gerindra. ‘’Balon Bupati yang mendaftar yaitu Azhari, Romio dan Kopli Ansori. Sedangkan untuk Balon Wabup, saya sendiri selaku kader Partai Gerindra dan sesuai arahan DPP Partai Gerindra, wajib ada kader yang diajukan unguk Calon Bupati atau Calon Wabup,’’ demikian Edi Tiger.

Majunya Kopli Ansori tampaknya menjadi yang paling siap menghadapi Pilkada Lebong 2024. Sejauh ini belum ada sosok lain yang serius akan bersaing. Meskipun sejumlah nama yang muncul, namun banyak persepsi bahwa Kopli Akan berpotensi melawan kotak kosong.

Terpisah, Ketua DPD Partai PAN  Kabupaten Lebong, Carles Ronsen saat dikonfirmasi terkait itu mengatakan, pihaknya belum memikirkan bila Pilkada Lebong 2024 hanya akan menghadirkan calon tunggal. Sejauh ini Partai berlambang matahari itu baru sebatas membuka penjaringan para kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati Lebong.

"Kalau kotak kosong, belum kita bahas," kata Ketua DPRD Lebong terpilih dua periode ini.

PAN juga mengaku tak memasang target tertentu kepada kadernya. Dia hanya ingin PAN kembali menang lagi di Pilkada Lebong. Sama halnya menang Pileg 2024.

"Kita belum membahas terlalu jauh ya, kita sesuai tahapan atau step by step, yang penting kan kalau dalam pilkada menang," jelasnya.