Dukung Pelebaran Jalan, Ormas Pamal Minta Percepat Konstruksi

Ketua Pamal, Aswan Fauzi/RMOLBengkulu
Ketua Pamal, Aswan Fauzi/RMOLBengkulu

Kegiatan Pemerintah daerah melebarkan jalan raya Sungai Gerong-Selebar Jaya disambut gembira oleh masyarakat khususnya Organisasi Masyarakat (Ormas) Persatuan Masyarakat Lebong (Pamal).


Ketua Pamal, Aswan Fauzi mengungkapkan, maasyarakat mendukung pelebaran jalan di desanya tersebut meski harus merobohkan seluruh bangunan yang sudah puluhan tahun berdiri.

“Ya mendukung sekali pelebaran ini,” kata Fauzi, salah satu warga Desa Selebar Jaya kepada RMOLBengkulu, tadi malam Minggu (5/9) melalui telepon genggam.

Lebih jauh, ia berharap konstruksi pelebaran jalan itu dipercepat oleh pihak ketiga. Sebab, jika dibiarkan maka saat hujan turun menyebabkan genangan air dan menganggu warga sekitar.

"Kita harap ini dipercepat. Karena semakin cepat semakin baik. Karena kalau dibiarkan, maka kita khawatir nanti akan tergenang air bekas galian pelebaran jalan. Termasuk karena dikejar deadline pengerjaaan kualitas jalan dibuat asal-asalan," khawatirnya.

Menurutnya, warga yang memiliki bangunan disepanjang bahu jalan telah merelakan bangunannya dibongkar. Itupun sebagai bentuk dukungan warga terhadap program-program Pemkab Lebong.

“Kalau dilebarkan, arus lalu lintas menjadi lancar,” imbuhnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) Kabupaten Lebong, Haris Santoso menyebutkan, pihaknya sudah menerjukan tim pengawas untuk memaksimalkan pekerjaan rekanan.

"Terima kasih masukan warga. Seluruh kegiatan selalu kita awasi. Karena setiap pekerjaan itu selalu ada tim sesuai bidang dan keahlian masing-masing," ujarnya, Senin (6/9).

Di sisi lain, ia mengaku, saat ini memang fokus rekanan untuk menyelesaikan pekerjaan sisi kanan badan jalan jika dilihat dari arah Sungai Gerong menuju Selebar Jaya.

Itupun karena rekanan tengah mempersiapkan segala kebutuhan konstruksi. Dengan harapan, satu sisi badan jalan selesai satu persatu.

"Waktu masih panjang. Selalu kita awasi setiap pekerjaan. Kita optimis seluruh pekerjaannnya selesai tepat waktu," ungkapnya.

Kegiatan pelebaran jalan di ruas jalan Desa Sungai Gerong menuju Selebar Jaya

Lebih jauh, ia memaparkan bahwa program pelebaran jalan tersebut dilakukan untuk kemudahan transportasi dan kemajuan daerah itu kedepannya. Pasalnya, dengan adanya program pelebaran jalan tersebut kedepan masyarakat akan lebih mudah dalam mengakut hasil pertanian, pariwisata, dan melakukan pengembangan pemukiman baru.

"Jika jalan lebar tentu harga tanah ke depan juga akan naik. Langkah ini sangat tepat kita lakukan sekarang karena belum mengganggu rumah warga," demikian Toso.