Dua Pelaku Pencurian Diamankan, Beraksi di Dua TKP

Dua pelaku saat diamankan/Ist
Dua pelaku saat diamankan/Ist

Aparat Polres Lebong, mengamankan dua pelaku pencurian. Kedua pelaku masing-masing RA (24) dan RS (26). Kedua pelaku merupakan warga Ujung Tanjung I Kecamatan Lebong Sakti, Kabupaten Lebong.


Kapolres Lebong Polda Bengkulu AKBP Awilzan melalui Kasat Reskrim AKP Rabnus Supandi disampaikan PS Kasubsi PIDM Humas Aipda Syaiful Anwar menuturkan, penangkapan berawal saat tim Macan Swarang mendapatkan informasi jika salah satu pelaku berinisial RA melarikan diri ke Kota Bengkulu.

Berbekal informasi tersebut, anggota Unit Pidum dan Tim Opsnal pada Rabu (5/6) kemarin sekira pukul 15.00 Wib berangkat menuju Kota Bengkulu.

Berkat kerjasama Anggota Polsek Ratu Agung Anggota Unit Pidum dan Tim Opsnal Porlresta Kota Bengkulu, berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku RA.

Dari hasil pemeriksaan, salah satu pelaku dengan inisial RA nyatanya tidak melakukan aksinya sendirian. Namun, melakukan aksi kejahatannya bersama RS.

"Pada Kamis (6/6) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB, Anggota Unit Pidum dan tim Opsal melakukan pengembangan dan didapatkan salah satu pelaku lainnya yang melakukan pencurian bersama pelaku RA, yaitu RS," kata Kasat Reskrim.

Bahkan, keduanya mengakui telah melakukan aksinya di 2 tempat kejadian perkara (TKP) yang tersebar di wilayah Kabupaten Lebong.

Aksi pertama dilakukan pada 6 Oktober 2023 lalu sekitar pukul 10.00 WIB di areal perkebunan warga di Desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan, yakni 1 unit timbangan 100Kg dengan warna hijau, dan 1 unit sanyo dengan merk Shimizu warna hitam.

Sedangkan, TKP lain berada di rumah kades yang berada di wilayah Kecamatan Lebong Tengah.

"Saat ini keduanya telah diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut," tuturnya.

Saat ini RA dan RS barang bukti sudah diamankan di Polres Lebong. Keduanya pun disangkakan dengan Pasal 362 Ayat (1) KUHP pidana tentang Tindak Pidana Pencurian dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara.