Ditargetkan Jadi Lumbung Padi di Bengkulu, Pemprov Siap Kolaborasi Dengan Bupati Lebong

Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setdaprov Bengkulu, RA Fenny SH MH didampingi Sekda Lebong, Mustarani Abidin saat diwawancara awak media/RMOLBengkulu
Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setdaprov Bengkulu, RA Fenny SH MH didampingi Sekda Lebong, Mustarani Abidin saat diwawancara awak media/RMOLBengkulu

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang diwakilkan Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setdaprov Bengkulu, RA Denny SH MH menghadiri panen raya program Musim Tanam Kedua (MT2) di Desa Talang Liak II, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lenong, Kamis (12/10) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.


Panen raya ditandai dengan pemotongan batang padi oleh Bupati Lebong, Kopli Ansori yang didampingi TP PKK Lebong Elvi Sukaisih beserta jajaran.

Turut hadir Wabup Lebong, Fahrurozi, Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, Sekda Lebong Mustarani Abidin, Unsur FKPD, Kadis Pertanian dan Perikanan Hedi Parindo beserta jajaran, Sejumlah Kepala SKPD, Asisten dan Staf Ahli.

Corporate Secretary Bank Bengkulu, Roby Wijaya beserta jajaran, Camat Bingin Kuning, Meika Rizka, Kades Talang Liak II Afrildo beserta jajaran, pendamping desa, serta perwakilan pihak lainnya.

RA Denny SH MH selaku Asisten 2 Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setdaprov Bengkulu menyampaikan, permohonan maaf Gubernur berhalangan hadir pada kesempatan tersebut.

Ia menjelaskan, Kabupaten Lebong merupakan salah satu lumbung beras di Provinsi Bengkulu.

"Iya, tadi kami sudah sampaikan bahwa Kabupaten Lebong ini salah satu bagian dari lumbung padi provinsi," ujar Denny kepada wartawan, Kamis (12/10).

Dalam masa pendemi covid-19 maupun el-nino, hampir seluruh sektor perekonomian mengalami penurunan.

Hanya sektor pertanian yang terbukti tetap mencapai pertumbuhan positif. Hal ini menunjukkan sektor pertanian dapat berperan ganda yaitu sebagai penjaga stabilitas nasional sekaligus sebagai penopang pertumbuhan perekonomian.

"Nah, apa yang dilakukan pak bupati bisa tanam dan panen dua kali ini, jadi sangat mendukung sekali masyarakat Lebong dan masyarakat provinsi bengkulu," jelasnya.

Fenny menilai, potensi pertanian di Lebong cukup baik. Namun menurutnya ini masih bisa digenjot lebih baik lagi lewat sinergitas antar lini.

"Kami sangat mendukung sekali apa yang dilakukan pak bupati. Tinggal lagi kolaborasi antara kabupaten dan provinsi nanti," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori ucapan terima kasih kepada Asisten II di lingkungan Pemprov Bengkulu menyaksikan langsung proses panen raya MT2 di Bumi Swarang Patang Stumang.

Kehadirannya ini, sebut Kopli, merupakan bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Bengkulu terhadap perkembangan yang terjadi di daerah.

"Kunjungan ini juga bertepatan dengan dukungan masyarakat yang komitmen melaksanakan program MT2 di Desa Talang Liak II," kata Kopli.

Menurutnya, Kecamatan Bingin Kuning yang menjadi lokasi merupakan daerah MT2 dengan luas sawah terbesar di daerah itu. 

Ia menegaskan, pihaknya punya target menjadikan Kabupaten Lebong sebagai lumbung beras nomor satu di Bengkulu maupun Pulau Sumatera.

Bupati memaparkan, ada beberapa  langkah yang sudah dilaksanakan untuk mencapai hal tersebut, di antaranya mempertahankan luas sawah yang ada dengan regulasi, pembangunan infrastruktur, distribusi alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Kemudian, penggunaan varietas unggul, penyediaan pupuk secara mandiri, intensifikasi pemantauan dan pengendalian hama dan memperbanyak kerja sama lintas sektor.

Namun Bupati mengakui, untuk melaksanakan langkah-langkah tersebut tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi. Tantangan yang ada akan dapat diatasi dengan adanya kerja keras, bantuan, kerja sama, sinergi dan kolaborasi dengan para pihak lainnya.

"Terkhusus kepada pak Asisten II perlu tahu, di Lebong sudah cukup banyak bantuan yang diterima oleh kelompok tani kami. Di antaranya benih, pupuk, pestisida, perbaikan irigasi, penyuluhan petani, pemimjaman alat dan mesin pertanian (handtraktor) serta sarana prasarana lainnya. Bantuan yang telah diberikan telah dimanfaatkan dan sangat membantu bagi kami. Namun demikian, mengingat sektor pertanian ini harus terus ditingkatkan demi menopang swa sembada pangan, maka kami sangat mengharapkan agar perhatian dan bantuan ke depannya akan dapat lebih ditingkatkan lagi,” harap Politisi PAN ini.