Di Momen Idul Adha, Bupati Ajak Masyarakat Memaknai Semangat Berqurban

Tampak Bupati Lebong, Kopli Ansori usai melaksanakan salat idul adha bersalaman dengan para jamaah/RMOLBengkulu
Tampak Bupati Lebong, Kopli Ansori usai melaksanakan salat idul adha bersalaman dengan para jamaah/RMOLBengkulu

Bupati Lebong, Kopli Ansori melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Sultan Abdullah, Senin (17/6) pagi. Turut hadir Kapolres Lebong, AKBP Awilzan, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Shalat Idul Adha dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB dengan bertindak sebagai Imam Masjid Agung Sultan Abdullah, Muhammad Thoriq dan Khotib, Anwar Sadat.

Mengawali sambutannya, Bupati Lebong, Kopli Ansori mengumandangkan takbir dan mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ia mengatakan bahwa ungkapan rasa syukur tidak hanya melalui kata-kata tetapi juga melalui tindakan nyata yang mencerminkan akhlak mulia.

Menurutnya lebih dari 1,57 miliar kaum muslimin di seluruh dunia mengagungkan asma Allah SWT melalui takbir, tahlil dan tahmid. Sementara itu, pada 9 dzulhijah kemarin kaum muslimin di seluruh penjuru dunia telah berkumpul di padang arafah menunaikan ibadah haji, rukun islam yang kelima.

Idul adha dikenal dengan sebutan hari raya haji, dimana kaum muslimin sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Padang Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih, yang disebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup.

"Disamping idul adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan Idul Qurban, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Qurban itu artinya dekat, sehingga qurban menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT," ujar Bupati dalam sambutannya.

Kopli menuturkan, momentum hari raya Idul Adha 1445 H ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong ikut berkurban yang akan disalurkan ke 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong.

"Harapan kami semoga apa yang diberikan Pemerintah Daerah ini bermanfaat bagi masyarakat Lebong, mari kita saling berbagi kebahagiaan dengan sesama. Jika kita mampu, mari kita bantu mereka yang membutuhkan. Memberikan perhatian kepada orang yang tidak mampu. Semoga kita menjadi umat yang bermanfaat bagi orang lain," cetus Kopli.

Di sisi lain, atas nama pribadi dan pemerintah daerah ia mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1445 H. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh jemaah shalat Idul Adha pada khususnya, dan masyarakat Lebong pada umumnya.

"Saya sebagai Bupati Lebong harus berdiri tegak diatas segala kelompok/golongan/komunitas dan sejenisnya, sebagai bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Lebong hadir di semua golongan yang berada di tengah masyarakat, hal ini sesuai dengan UUD 45 pasal 29 bahwa negara memberikan kebebasan kepada rakyat untuk memeluk dan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan yang dianutnya," bebernya.

Lebih jauh, ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lebong untuk menjadikan semangat hari raya Idul Adha sebagai momentum untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan (ukhuwah islamiyah) semangat berbagi dengan sesama melalui pelaksanaan ibadah shalat dan qurban.

"Saya juga mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lebong untuk mendoakan jamaah haji Indonesia, khususnya jamaah haji Lebong agar tetap diberi kekuatan, kesehatan dan keselamatan untuk menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan sepulangnya ke tanah air akan menjadi haji/hajjah yang mabrur," demikian Kopli.