Di Istana, Bupati Kopli Tekankan Kepala OPD Melek Digitalisasi

Bupati Lebong, Kopli Ansori saat berada di Istana/RMOLBengkulu
Bupati Lebong, Kopli Ansori saat berada di Istana/RMOLBengkulu

Presiden RI Joko Widodo membuka kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5).


SPBE Summit 2024 diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah.

Pada acara SPBE Summit 2024, terdapat pemberian apresiasi bagi instansi pemerintah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik dalam rangkaian acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, SPBE terbaik itu diterima Bupati Lebong, Kopli Ansori di Istana Negara yang bertempat di Jl.Veteran, RT.2/RW.3,Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Bupati Lebong, Kopli Ansori menyampaikan, selama ini dirinya menekankan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lebong untuk dapat memperluas digitalisasi.

"Alhamdulillah kita, Kalau lihat kondisi era sekarang digitalisasi, kita harus melek digital. Maka kita memprioritaskan digitalisasi kita terkoneksi semua," kata Politisi PAN usai acara, Senin (27/5).

Menurut Kopli, Indeks SPBE Kabupaten Lebong meningkat secara signifikan, berada di angka 2,9. Atas capaian terbaik tersebut, pemkab Lebong, Mendapatkan penghargaan terbaik dari Presiden Republik Indonesia Ir.H Joko Widodo.

"Alhamdulillah, kita Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu dan se-sumatera kita mendapatkan undangan hari ini. Kita peningkatan indeks signifikan," jelas Penerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin ini.

Lebih jauh, politisi PAN ini meminta kepala OPD hingga Kepala Desa melaksanakan pelayanan berbasis digital. Dengan digitalisasi, akan memudahkan, lebih efisien, efektif, dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

"Karena memang kita prioritaskan, dalam proses pembangunan menggunakan digitalisasi," tutup up Bupati penerima Penghargaan Best Future Leaders of Indonesia ini.