DAK Pendidikan Rp 21,3 Miliar Segera Dilimpahkan

Foto/Repro
Foto/Repro

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, memastikan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan pada tahun anggaran (TA) 2024 ini akan mulai dilimpahkan minggu depan ke Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Lebong.


Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong, Elvian Komar melalui Kabid Pendidikan, Habibi mengatakan, DAK pendidikan sebesar 21,3 Miliar itu akan mulai proses pelimpahan untuk ditayangkan di LPSE Lebong. Dengan rincian, Dana Paud Rp 335.943.000 juta, SD Rp 7.968.848.000 SMP Rp 13.074.963.000.

"Kita baru mau melimpahkan ke UKPBJ Lebong," ujar Habibi, kemarin (9/5).

Target Dikbud Lebong sendiri, lanjut Habibi, untuk kegiatan di dalam DAK Pendidikan ini akan sudah mulai berjalan pada bulan Juni 2024 mendatang.

"Juni paling sudah mulai, jika pun tidak terkejar paling lambat bulan Juli sudah mulai terkontrak," ucap Habibi.

Dia menjelaskan, bantuan Fisik DAK tahun ini diantaranya, 10 Sekolah Meningkat Pertama (SMP), 9 Sekolah Dasar (SD), dan 1 Paud. "Totalnya 20 sekolah. Dengan rincian 10 SMP, 9 SD dan 1 Paud," jelas Habibi.

Dia mengklaim selalu berlaku adil terhadap dengan selalu memasukan semua sekolah dalam usulan DAK, terutama pada 2024 melalui Aplikasi Krisna. Usulan itu akan disesuaikan dengan kebutuhan bangunan berdasarkan data dapodik sekolah.

"Kalau peruntukkannya nanti untuk fisik semua. Mulai dari kegiatan rehap, pembangunan baru, TIK, dan buku," demikian Habibi.