Catatan Tim Visitasi Ditindaklanjuti, Bukti Komitmen Buka Layanan Cuci Darah di RSUD

Plt Dirut RSUD Lebong, Rachman/RMOLBengkulu
Plt Dirut RSUD Lebong, Rachman/RMOLBengkulu

Pelayanan Hemodialisis (HD) atau Ruang Cuci Darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong, akan segera beroperasi. Kepastian ini setelah dilaksanakan visitasi di rumah sakit yang terletak di wilayah Kecamatan Lebong Sakti, pada Jum'at (24/5) malam.


Tim Visitasi Penilaian Kesesuaian Layanan Dialisis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengawali visitasi dengan memberikan pembekalan kepada para tenaga medis di RSUD Lebong. Kemudian dengan saksama memeriksa tiap sudut ruangan dan fasilitas ruang HD.

Plt Direktur RSUD Lebong, Rachman menyebutkan, sudah layak beroperasi, namun ada beberapa catatan teknis yang harus dibenahi.

"Kondisi saat ini kita masih memperbaiki rekomendasi kemaren, ada beberapa catatan sedang kita lengkapi," ujar Rachman.

Nantinya, kata Rachman, catatan yang diberikan tim visitasi harus segera dilaksanakan dan setelah itu akan diberikan rekomendasi pengoperasian.

"Nah, ini sudah kita sampaikan kepada tim visitasi, untuk penilaian sebelum diberikan rekomendasinya nanti," jelas Rachman.

Menurut Rachman, langkah ini diambil sebagai bentuk nyata dari upaya pemerintah dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lebong.

"Setelah kita mendapatkan rekomendasi ini kita akan mengajukan ke BPJS untuk digelar kredensial," demikian Rachman.