Buronan Harun Masiku Masih Bebas, KPK Minta Masyarakat Bantu Pencarian

Buronan KPK, Harun Masiku/Net
Buronan KPK, Harun Masiku/Net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali meminta bantuan masyarakat untuk melaporkan informasi keberadaan Harun Masiku (HM), mantan Caleg PDIP yang masih buron sejak 2019.


Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu, menyampaikan bahwa pimpinan KPK berharap HM dapat ditangkap dalam waktu 1 minggu.

"Harapan pimpinan ini untuk memberikan motivasi kepada penyidik agar benar-benar fokus dan mendorong secepatnya penyelesaian kasus ini," kata Asep, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/6).

Asep meyakini bahwa keinginan untuk menangkap HM bukan hanya berasal dari KPK, tetapi juga dari masyarakat.

"Kami tidak henti-hentinya meminta informasi dan masukan. Jika ada yang mendengar atau melihat keberadaan HM, mohon kabari kami. Mari kita bersama-sama mencarinya," ujar Asep.

Dalam upaya pencarian dan penangkapan HM, tim penyidik telah memeriksa beberapa orang saksi, termasuk mantan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, anggota Tim Advokasi Pemilu PDIP Simeon Petrus, menantu Simeon bernama Hugo Ganda, seorang mahasiswa kerabat Hugo bernama Melita De Grave, dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Saat memeriksa Hasto Kristiyanto pada Senin (10/6), tim penyidik bahkan melakukan penggeledahan badan terhadap stafnya, Kusnadi. Dari tangan Kusnadi, tim penyidik mengamankan 2 unit handphone dan buku catatan agenda milik Hasto. Selain itu, tim penyidik juga menyita 1 unit handphone dan 2 kartu ATM milik Kusnadi.