Baru Dibersihkan, Jalan Provinsi Kembali Longsor di Lebong

Tampak materia longsor menutupi badan jalan provinsi di Desa Talang Ratu/RMOLBengkulu
Tampak materia longsor menutupi badan jalan provinsi di Desa Talang Ratu/RMOLBengkulu

Akses utama Kabupaten Lebong menuju Rejang Lebong atau tepatnya di Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang, kembali bisa dilalui kendaraaan usai tim gabungan membersihkan material dari badan jalan tadi malam, Selasa (11/6) sekitar pukul 19.30 WIB.


Namun setelah material longsoran selesai dibersihkan, di wilayah tersebut kembali ditutupi material di titik yang sama, usai hujan deras mengguyur Kabupaten Lebong dini hari, Rabu (12/6).

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan melalui Kapolsek Rimbo Pengadang, IPTU Amir Lukman Hakim menyebutkan, material yang turun menimbun jalan kali ini dengan ketinggian 2 meter dan panjang kisaran 15-20 meter.

"Iya longsor lagi, hujan deras semalam sekitar jam 2," kata Amir, Rabu (12/6).

Dia mengaku, upaya mengatasi longsoran itu dilakukan hingga malam ini sehingga jalur jalan itu bisa dilalui kendaraan. Dengan dibantu 2 alat berat eskavator milik swasta dan Pemkab Rejang Lebong.

"Alat semalam sudah bergeser karena punya Rejang Lebong. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Balai untuk mengupaya menurunkan alat berat lagi," jelasnya.

Lebih jauh, ia mengimbau, untuk kendaraan roda 4 atau lebih yang bermuatan tetap melewati jalan alternatif atau ruas Lebong-Bengkulu Utara. Pengalihan dikarenakan titik jalan tersebut memiliki potensi longsor.

"Mengingat cuaca sering terjadi hujan, pengendara kita imbau hati-hati," demikian Amir.

Informasi lain, belakangan ini 3 unit alat berat diturunkan Pemprov Bengkulu untuk menata jalan tersebut. Hanya saja, ketika hujan turun bekas tanah yang ditata alat berat tersebut kembali turun ke jalan. Mengingat dua sisi jalan bertebing.