APBD Lebong 2018 Molor, Teguh: Pastikan RKA Tidak Melenceng

RMOL. Pihak DPRD Lebonghingga saat ini, masih melanjutkan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lebong, Tahun Anggaran (TA) 2018. Meskipun tahun 2017 telah memasuki deadline pergantian tahun 2018.


RMOL. Pihak DPRD Lebong hingga saat ini, masih melanjutkan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lebong, Tahun Anggaran (TA) 2018. Meskipun tahun 2017 telah memasuki deadline pergantian tahun 2018.

Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto, membantah jika ada yang berfikiran pihaknya ingin menghambat pembahasan RAPBD 2018.

Menurutnya, masih berlanjutnya pembahasan RAPBD Kabupaten Lebong TA 2018, disebabkan adanya ketidaksingkronan anggaran dari setiap Rancangan Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang diusulkan OPD. Dengan hasil kesepakatan bersama KUA PPAS RAPBD 2018 yang sudah ditandatangani sebelumnya.

"Yang jelas, banggar DPRD sama sekali tidak pernah menghambat atau mengulur waktu terkait pembahasan RAPBD 2018. Intinya, RKA yang diajukan semua OPD harus jelas dan tidak melenceng dari kesepakatan KUA PPAS sebelumnya," tegas Teguh yang juga menjabat Ketua Banggar DPRD Lebong.

Selain itu, lanjut Teguh, dirinya tidak pernah mempersoalkan setiap RKA yang diusulkan setiap OPD. Hanya saja, ia berharap setiap penyusunan program selaras dengan program RPJMD Lebong. Artinya, sinkron dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Lebong.

"Ini bukan deadline waktu. Namun, apa yang kita hasilkan dalam pembahasan Banggar dan TAPD harus jelas dan sesuai dengan program RPJMD. Jangan sampai, kita hanya berpikir sebatas menyusun program saja, melainkan  program prioritas tidak di akomodir," tutup Teguh. [nat]