Air Drainase Meluap, Rumah Jebol Hingga Kendaraan Terjebak

Tampak material batu dan kayu menumpuk dijalan usai air meluap ke tengah jalan/Ist
Tampak material batu dan kayu menumpuk dijalan usai air meluap ke tengah jalan/Ist

Jalan provinsi atau ruas jalan Lebong-Curup, persisnya di Dusun 4 (Talang Kodok) Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong, terendam genangan air saat hujan mengguyur Kabupaten Lebong, sejak pukul 14.00 WIB, Senin (10/6) sore.


Akibat kejadian ini satu unit rumah milik Feri (29) warga setempat rusak akibat diterjang air dan material batu sekitar pukul 17.30 WIB. Dengan kerugian ditafsir Rp 1,5 juta.

Pantauan di lapangan, sepeda motor dan kendaraan roda empat tak bisa melintas karena air begitu deras turun ke badan jalan. Jika dipaksakan dikhawatirkan akan menerjang pada pengguna jalan.

Sejumlah pemilik kendaraan lebih memilih meninggalkan kendaraan dan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi.

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan melalui Kapolsek Rimbo Pengadang, IPTU Amir Lukman Hakim mengatakan, banjir bandang luapan yang berasal dari drainase sangat deras, berlumpur. Bahkan, membawa material kayu dan bebatuan yang menumpuk di jalan sepanjang 200 meter.

"Banjir bandang luapan aliran Siring sangat deras, berlumpur membawa material kayu dan bebatuan ke badan jalan lintas Curup-Lebong," ujar Amir.

Kapolsek juga menambahkan, warga yang berada di Dusun 4 Desa Talang Ratu saling bahu membahu melakukan evakuasi warga yang tinggal di bantaran aliran Siring tersebut.

"Saat ini jalan lintas Curup Lebong tertutup total. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," tukas Amir.

Menurut Amir, Polri bersama TNI dan warga dusun Talang Kodok Desa Talang Ratu berjibaku membersihkan material lumpur dan bebatuan baik yang berserakan sekitar rumah warga dan jalan raya.

"Material lumpur dan bebatuan yang berserakan di sepanjang jalan dibersihkan menggunakan alat berat berupa loader milik CV. Adi Santoso," tuturnya.

Saat ini jalan lintas Curup Lebong sudah bisa di lalui kendaraan Roda dua hingga roda empat.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Para pengguna jalan kita imbau untuk tetap waspada melewati jalan tersebut karena jalan masih licin," demikian Amir.