50 Tenaga Profesional di Lebong Belajar Kemahiran Berbahasa Indonesia

Asisten I Setda Lebong, Reko Haryanto saat menyampaikan sambutan/RMOLBengkulu
Asisten I Setda Lebong, Reko Haryanto saat menyampaikan sambutan/RMOLBengkulu

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melaksanakan Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia (PKBi) bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada 20—21 Mei 2024 di Gedung Swarang Patang Stumang Bappeda Kabupaten Lebong.


Acara dibuka langsung Bupati Lebong, Kopli Ansori melalui Asisten I Setda Lebong, Reko Haryanto didampingi Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong, Elvian Komar beserta para peserta tenaga profesional lainnya.

Bupati Lebong, Kopli Ansori melalui Asisten I Setda Lebong, Reko Haryanto menyampaikan, bahwa Kabupaten Lebong menjadi kabupaten beruntung karena menjadi sasaran kegiatan. Peserta yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini wajib mengimplemantasikan hasil kegiatan di sekolah masing-masing.

Di akhir sambutan, Reko menegaskan komitmen Pemkab Lebong dalam mendukung agenda ini.

"Kita minta nanti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebong akan terus berkoordinasi dengan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu terkait program-program peningkatan kompetensi kebahasaan untuk tenaga pendidik dan kependidikan di Kabupaten Lebong agar tenaga pendidik dan kependidikan di Kabupaten Lebong lebih meningkat kemapuan kebahasaannya," kata Reko.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, mengatakan pentingnya kemahiran berbahasa Indonesia dalam berbagai konteks sehingga perlunya upaya peningkatan kompetensi bagi tenaga profesional.

“Semua orang mampu berbahasa Indonesia, namun belum tentu mahir. Mahir dalam berbahasa Indonesia berarti cakap untuk beragam keterampilan berbahasa,” ujar Dwi.

Pantauan dilapangan, narasumber dari Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu memberikan materi tentang Ejaan, Bentuk dan Pilihan Kata, Kalimat Efektif, dan Tata Naskah Dinas memberikan materi tentang Ejaan, Bentuk dan Pilihan Kata, Kalimat Efektif, dan Tata Naskah Dinas.

Diketahui, 50 tenaga profesional ini terdiri dari perwakilan dari 15 profesi yang berbeda dari berbagai instansi pemerintahan yang ada di Kabupaten Lebong, seperti  pustakawan, TNI, Polri, kepala sekolah, perencana, pengawas, guru, hingga jurnalis. Kegiatan PKBI ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan selama dua bulan.