43.500 Pemudik Tiba di Jakarta Gunakan Kereta

Stasiun Senen, Jakarta Pusat/Ist
Stasiun Senen, Jakarta Pusat/Ist

Arus balik mudik yang menggunakan kereta api jarak jauh mulai mengalami peningkatan. Sekitar 43.500 penumpang tiba di Jakarta pada hari ini, Selasa (25/4).


Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan, dari jumlah tersebut, 16.200 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.100 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4.100 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara.

"Sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek," kata Eva lewat keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (25/4).

Jumlah ini mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal. KAI Daop 1 Jakarta juga menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang.

"Sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barangnya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," jelas Eva.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang. 

"Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya," pungkas Eva.