160 Warga Sudah Daftar Operasi Katarak Gratis di RSUD Lebong

Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman/RMOLBengkulu
Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman/RMOLBengkulu

Di Kabupaten Lebong, akan digelar operasi katarak gratis. Kegiatan operasi katarak gratis ini bisa terwujud berkat kerja sama antara, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, RSUD Lebong, dan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Palembang.


Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman menyebutkan, ada 160 warga sudah mendaftar untuk mengikuti operasi katarak gratis yang diselenggarakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lebong.

"Kuota kita masih pendataan. Sekarang, sudah 160 orang mendaftar. Nanti akan discreening lagi, apakah kondisinya sudah masak atau belum. Nanti akan dicek lagi," sebut Rachman di ruang kerjanya, Selasa (4/6).

Operasi katarak ini merupakan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat yang digelar di RSUD Lebong.

Menurutnya, pelaksanaan operasi katarak gratis ini dijadwalkan pada akhir bulan Juni mendatang bertempat di RSUD Lebong.

"Operasi katarak untuk masyarakat di Kabupaten Lebong. Pelaksanaannya direncanakan tanggal 29 Juni ini. Kita juga sedang berkoordinasi dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Palembang," timpalnya.

Lebih jauh, ia menuturkan, bahwa operasi kali ini digelar sebagai komitmen Bupati Lebong, Kopli Ansori dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Semua ini dilakukan agar warga yang mengidap penyakit katarak bisa mendapatkan pelayanan operasi katarak secara gratis," demikian Rachman.